Tuhan ada berapa siih??

•December 25, 2017 • Leave a Comment

Begini nih, cara memahami memandang tuhan itu ada banyak…ada yg namanya henotheism, memandang tuhan sbagai pemenang, 

Ada namanya monism, bahwa disluruh semesta adalah ada IA tuhan, panentheism, yaitu kita berada di dalam tuhan, lalu ada personalitas hyang kuasa, yaitu di dalam manusia ada Tuhan..

Tuhan ada berapa sih? Ini ada dialog antara dua orang, yg jelas keduanya bukan tuhan..nanti ada dua tuhan yaa..

A : eh tu liat agama si itu tuh, tuhanNya banyak, itu juga tuh agamaNya,  tuhan kok sprti manusia, sperti bertangan banyak duh masak gitu tuhan yah?

B: weekss seet deh..ntar dulu deh lur, emang sampean sudah paham tuhan lewat cara pandang sampean?

A: ya sudahlah, tuhanKu yg terhebat, yg maha esa.tuhan lain gak ada apa2Nya..

B: laah laah itu tuhan henotheisme ndan, tuhan pemenang..

A: maksudmu paan sih, tuhan ya satu monotheisme esa tidak ada yg kedua.

B: iya betul, cuma tergantung cara memandang saja, kira2 nih..kalo pertanyaan pernyataan elu yg pertama itu, berarti elu sendiri yg mengamini tuhan itu banyak yah..di agama ini beda di agama itu beda, dan sebagainya..

A:haah..maksudmu apaan lagi sih, kan memang tuhan tak berbentuk bukan manusia dan juga bukan berwujud binatang, dan tidak terlahirkan tak.bisa mati…palsu itu..

B: gini lur, cara memandang entitas yg tinggi itu dri berbagai sudut pandang itu bisa jdi berbeda..namun mengisyaratkan entitas hyang tunggal..sama sprti melihat kamu matahari dri mana pun juga, waktu apa pun juga atau waktu malam, ya tetap enunjuk matahari..

A: lah tapi matahari kan bukan tuhan?

B:yang bilang matahari itu tuhan itu kamu low lur, cuma kamu kasi kata “bukan” saja..licin low itu..pendugaanmu itu yg bikin kmu tergelincir..mgkin saja orang dulu menybut dewa surya sbagai bagian Tuhan, krna dhulu ada sbutan surya, tpi apa itu tuhan? Ya belum tentu, krna ada yg menghidupkan, tetapi surya adalah simbolisme tuhan..

A: lah intinya tuhan itu ada brapa sih? Kok aku yg jadi salah?kan satu ya..kok bingung.

B:tuhan itu tidak sesimpel bilang satu dua tiga, makanya ada kata esa, ia yg satu dan tidak terdefinisikan scra gampang dan mudah, terlalu mudah nanti kamu cuma sprti membahas kulit saja, dan akhirnya etika mu susilamu jauh dri yg diinginkan tuhan..

A:hmmmm..jdi apakah yg terbaik dri itu smua?mgkin baiknya menciptakan kedamaian dan memberikan kebebasan dalam mendefinisikanNya akan membuat dunia lebih indah ya lur..

B: yaps betul lur..bersabarlah dalam menilai Tuhan, karena ktika kita mampu bersikap adil dan beradab saja, kita bru bisa dikatakan sdikit mnjdi manusia..

A:aaah makasi ya lur..

B:ada seratus saja orang kaya kamu dan bertambah trus, niscaya sentausa negeri ini lur..rahayuu..

Advertisements

Muslim yg dharma

•December 13, 2017 • Leave a Comment

Di suatu waktu di hari sekedar subuh, ada seorang bru pulang dari masjid setelah shalat, kemudian ia pulang di jalan yg termasuk sepi karena masih pagi mengendarai sepeda motornya, tiba2 ada gundukan pasir dan ia pun jatuh..

Namun kemudian ada seseorang yg menolong dia dari jatuhnya motor itu, untunglah karena hari sedang sepi..kemudian..

“Terima kasih telah menolongku alhamdulilah”

“iya sama2 tidak apa2 sudah kewajiban kita menolong sesama”..

Lalu bertanya sang muslim itu, apakah engkau muslim? 

Lalu berkata ia, bukan sya seorang kafir?

“Astafiruglah..jangan seperti itu sahabat, engkau itu bukanlah kafir, krna muslim artinya orang yg baik”

“iya terima kasih untuk meninggikan saya, tpi sya bukan muslim”kata yg menolong

“iya tak apa, namun jgnlah mngatakan seperti itu, semua sama dimata alla, Aku tidak mencari kafir sbagai tujuan , tpi mencari pemahaman tentang alla, dan orang baik bagiku adalah seorang muslim”

“Iya aku ada di jalan dharma, mungkin berbeda, sepertinya alla maha pengasih maha penyayang begitu yg terdengar”

Lalu berkata Ia sang muslim, “iya betul maha penyayang al rahiim, shingga aku diselamtkan hari ini, al khalik juga al muaimin al akhir juga, maha pencipta pemelihara mengakhiri, namun di kami tidak boleh diwujudkan, di anda boleh yah”..

Berkata ia,” iya betul, di kami boleh, ada brahma wisnu shiva sbagai simbol om dan juga ada maha adil sbgai bhatara yama, jga bhatara dharma sbgai kebenaran”..

Muslim “iya baguslah, asal seringlah bersujud padanya, sya ktika hari kosong sya berdzikir biasanya”

Dharma ” iya sya muspa dalam waktu tertentu kemudian juga berjapa agar terlindungi bhatara dharma”..

Muslim” wah bagus agar dilindungi, sudah makan atau mari ngopi ke tempat saya, sambil bercerita tentang keindahan yg aku miliki dan yg anda miliki, bukankah berbeda untuk saling mengenal?”

Dharma” iya terima kasih, sya sudah bersyukur diperkenalkan dgn anda yg sungguh tau berterima kasih, dan juga menambah pahala baik bagi saya ktika dapat menolong seseorang siapa pun itu”..

Muslim” iya, terima kasih banyak sahabat, smoga engkau selalu dalam lindungan sang dharma-mendapatkan hidayahNya mampirlah kapan2 ke rumah sekedar bersilaturahmi”..

Dharma ” Baiklah nanti kapan waktu aku mampir ke sana, semoga kita diberikan perlindungan dharma dan juga engkau selalu taat beribadah dan memberikan kedamaian”…
Sekedar salam gwr

Kisah lama..klaim borobudur dan gaj ahmada

•December 12, 2017 • Leave a Comment

Iya ini mungkin kisah lama, dan cukup mengejutkan dan aneh dasarnya..tapi tak apa, semesta itu semua ada dan sebagai kebebasan berpendapat, maka itu ada baiknya di analisa..

Borobudur adalah tentang keyakinan akan sang buddha gautama, mungkin buddha itu adalah awatara hindu yg mngajarkan tentang dhamma, tak apa sebenarnya dikatakan bangunan dari sulaiman, yg artinya bahwa sulaiman sangat mengenal buddha dngn baik..mgkin perlu diajarkan tentang dhamma dan juga atau ttg nirbanna..dikatakan memang surga itu dipelajari oleh sulaiman, namun mgkin sama dgn nirbanna, bagaimana cara mencapai ke sana?

Tentu saja tidak bisa dicapai oleh mereka yg pernah membakar vihara, atau ktika diklaim, sangat baik skali ktika peribadatan bisa dilaksanakan di borobudur bersama2..tak perlu pindah agama bukan? Toh sudah ada ttg ilmu jiwa dalam agama buddha sbagai pengenalan ke dalam atas dhamma itu sndiri..di islam mgkin ada ya?jarang sya mndengar yg share tentang itu, ngkin tentang nafsiha rhudyah khamilah atau amarrah lawanmah sbagai nafs yg tak layak masuk surga..mgkin saja yg islam lebih tahu, tentunya yg tidak mwmbakar vihara, krna membakar tmpat ibadah itu dipastikan tak ada tmpat di nirbana dan lama skali masuk neraka loka..ya bgitulah..

Lain lagi dgn gaj ahmada..tentunya ini tak apa jga dikatakan bagian yg mengklaiim.dan tentu mereka sangat mengenal sekali tentang majapahit yg juga kerajaan hindu..Paling layak adalah mereka yg mengklaim sudah pasti mengenal surya majapahit dan jga dewata2nya, sprti sama mreka mengenal malaikat utama pemegang arsy, uriel raphael, mikail dan gabriel, atau hapalnya mereka dgn simbol nama 99 dri al rahman al rahiim smpai al shabuur..tentunya mereka mampu menganalisa bahwa menghapal itu,adalah jalan menuju surga sesuai ayat mereka..

Ngomong2 tentang surga, hindu juga mengenal surga2 yg indah sprti dgn nama2 nya jana maha tapa satya jagra svapvna supta turiya cintya sunya nirwana dan seterusnya..Ini memang diketahui sbgai surga hindu dalam hal ini shiva buddha..sprti juga di majapahit waktu itu, tentunya gaj ahmada mengenal itu sbagai jalan majapahit yg bershiva budha..

Yg jelas surga itu bukan tempat kebencian, juga bukan tempat kekerasan..hanya ada pngthuan suci juga cinta dan kasih, yg sprtinya tidak dimiliki oleh org yg bergumul pada kelicikan kebencian dan kekerasan..dunia untuk hidup hnya sbntar..kasian kalau malah masuk neraka.bukan…iya betul.bukan…

Guswar

MelihatKu kesakitan di sekitarNya.. 

•August 31, 2017 • Leave a Comment

Ramah tamah sirna sepertiNya.. Dalam Bayang2 kegelapan mereka mengabdi.. Pada adharma mereka terbengkalai.. Seperti bangkai saja.. 

Manusia memakan manusia yg lemah, mereka berkata.. Siapa suruh engkau lemah? Kekuatan membuat Ia menjadi kaum paisacha raksasa ..Tertawa terbahak karena tuhan hnya omong kosong.. Mereka mencinta duniawi sampai pagi dunia sirna.. Sujud tak perlu kata mereka.. Belas kasih kawan berkubang lumpur yg disangka emas.. 

Ibarat membawa pedang dari prilaku mereka,  dan mulut mereka pisau pisau tajam.. Apa dunia memang sapta patala lokha naraka? Berlindung kata mereka pada agama? Lalu berbuat zaliim mereka.. Apa tuhan dalam agama akan menerimamu? 

Si. Fulan fulan jamak.. Penguasa sementara saja bangga kah? Tertawa saja.. 

As sufiya manu-syiah maliqhat bersamaMu

•August 19, 2017 • Leave a Comment

Ya maliqha nur-illahya mahantraman….     Bhasmalla ya mahrifatualikhuma nafsiha Al wajh ya awwal akhiriya sanhya tanahama mustaqima ya shiyaratualla 

Malaikat bersamaMu bermain berdendang dalam as sufiya menjadi kekasihNya alla Bukan malam tapi subuh selalu dalam kesegaran nasihat al aliimah..berjumriyah pada Al haq.. Dalam kabbaah batiniah.. 

Bukan al hallaj bukan pula kanjeng jenar, bukan juga sang mahawali kalijaga,  tpi alla,  dan mereka juga Iya illa dan dalam dzatualla mereka bermunajat khalimah sesuhunah syahadab…. 

Dan pada asmaNya terbagi 99 brkurang tiga itu,  ditambahkan seluruh syeh dan sunan.. Dikurangi maqom,  tapi ditambah al muaimin dalam jasad tercerahkan hidayatulla,  para gus-alla-man asuhan ya wahid inna miroj dalam swarga para maliqat.. 

Rapael jibril lucifra seraphima mikaela uriela.. Sang habib illa (para habib yg mngjarkan ttg alla dalm diri)  memahami mereka dalam diri.. 

Pada teja cahaya mreka memandang surga di semesta,  bagai maliqat.. Pada api mereka mnguasai wangsa djin.. Hidupkan kalimah rokowantah.. Pada air mereka menamai khadamNiyah..leluhur mereka dari maqom.. Pada nur dzat samastha mereka menghirup karohmah lauh madfuz dari tangan mereka bersua kali-mudra garapikuma..tanah itu terlengkapi.. 

Rabhikum antum ya musyalaman nabhikha ya dzatualla ya asmaNya alla 

Maka rukun imanika nabhi adalah menjadi asmaNya.. 

Gus-sidh@-sangupati

Dibagilah engkau empat oleh al khalik al barii

•June 30, 2017 • Leave a Comment

Ya syahidina amanuha mahantra khalika mahya jagathanat kemaliq kapat.. Ya kandha kapat syuhuda bahwashya bhasmalah.. Bhasma hening hring pujhawantaka.. 

Maka IA disebut (yg juga ada dilainnya) maha pencipta dan maha membentuk.. Disebut khalik dan baarii.. Dan dengan itu IA hyang maha esa membuat mencipta manusia.. 

Dari jasad ia mengambil tanah pertiwi.. DibentukNya dgn ghoib yg dari maniqam dan juga aswat dalam rahiiim. .maka terbentuklah adam dan dua Ia Buat maka mnjdi hawa.. Dari satu itu sesungguhnya..aswaja ya taqiyuuum 

Kemudian dipisahkan itu.. Dan nurNya ia ambil sbagai penghidupNya.. Diberikan ia sinarNya agar terbuka aswajanatha agar mnjdi ptunjukknya.. Maliqat itu.. 

Kmudian dri itu IA mmbrikan air khalam wisesa ghara,  agar IA mampu wicara dari itu IA disbut khalamah agar wicara ia tersambung.. 

Maka dri sang sunyi-am ia membrikan akashayannah telinga agar didengar itu, sbagai penyaring mnjdi hidayat hikayat yg membrsihkan batinnya ..

Dari itu diprsiapkan wahyu yg ia bisa hirup dgn laksana rahmatan lila alamin.. Yg berbahagia ia ktika ia bajik.bijak..serta berani dalam mlksanakan swa dharma..pedharman.. Wiwitan.. Sangkan paraning.. Dri pertiwi itu.. Maka sesungguhnya itu brisikan nafas udara wahyu dri susuhunanNya semata.. Sbagai guru batinNya.. 

Lalu kmudian IA ciptakan penjagaNya dari api itu yg telah melalui dzat Nya.. Pada para. Djin2 penjagaNya sbagai juga khodamNya berbentuk cair, maka IA pun bermunajat bahwa mereka (para penjagaNya) agar slalu mmbrikan lprlindunan dan tuntunan sbagai waktu agar mereka bisa hidup juga.. 

Demithashamarah namanYa.. Dajjhlikumahya salamNya.. Maghribi dan syhubuh syafaatNya.. Ya al ghoib batn TuhanNya.. 

Menjadilah masuk semua itu ke badan dan menuju jantung anahatanam.. Dan mnuju empat titik leher depan belakang.. serta tIga titik tangan.. Di itu lah maliqat uriel ariel brstana.. 

Dan kembalilah ke lehermu,  maka itu raphaela brstana maka rapalkanlah.. 

Dan naik kembali ke ajnathathana maka itu gabriel brstana.. Dan telinga lucifret brstana.. Di mata kiri kanan mreka ada.. Di tiga segi tiga maka munculah sabda ya al khalik ya al muaimin ya al akhir…

Lalu menuju anahatam sbagai mikaela brstana masuk kebawah di waduk itu adalah djin syatan khadam brstana.. Jika buat salahmu.. Lupa waktuNya.. Mereka akan amaarah nafsia.. 

Masuk ke bawah ia di sakral di tulang punggung itu jalannya maka “dalem. Kaabah” ada disana sbagai ular yg ada di adam apel dan hawa sbagai hajjah aswat.. 

Ktika paham maka lucifret turun ke tulang ekor dan mnjdi merah membara dan membakar seluruh dosa dri mu sbagai ifrit.. Pnguasa neraka.. Dan ktika engkau brlaku rahiim rahmat muaimin ya shabuur ya tawwaab.. Maka engkau memahami Nya sbagai.. 

Imam yg mnjdi mahrifatualla atas sesuhunan dua.. 

Kanjeng sunan kalijaga dan kanjeng ibu siti khadijah.. 
Salim jenarism dwi jendraki ya al taqiyuum metu kapat.. 

Gus wardhana.. 

Wktu sandikala mghribi yg serasa tahajud.. 

Tri datuisme.. 

Mancasila waliyageman.. Sila pertama

•June 27, 2017 • Leave a Comment

Pada TYME berpuja kita sila pertama

Ketuhanan yang maha esa 

Butir utama.. Menghargai keyakinan, tidak memaksakan keyakinan (kcuali kesadaran),  privasi kepadaNya ritual itu jdi tempat ibadah dibakar agnida adalah hal terbusuk yg prnah ada.. 

Maka padaNya disebut Mahesa,  Tyme,  waktu ruang pada bapa angkasa pada ibu bumi pada ruang dan pada waktu jga pada anakNya.. 

Dalam islam tentu illah allah tauhid dan mengimani asma ul husna 99 dgn Allah maujud wahdtul adalah penggenap.. 

Kmudian dalam nafs surgawi arohmah(amarrah yg dipendam)  hidayah (lwnmah yg fasik trhadap hakikatNya dilebur)  mnjdi as sufiyah mrindu dalam stiap cintaNya pada Illahi(tuhan diri)  allah tuhan angkasa bapa.. Merahmati bhumi sbagai ibu pertiwi,  mnjdi kawan pada saudara.. Melindungi tumpah darah,  dan mnjalani syarat sprti tahajud yg kanjeng rasul sujud prtama,  diantara isya dan subuh (IS) pada subuh syahalat mlihat matahari sbagai lmbang al ciptaan al khalik dan dsbut Ra (mesir)  disebut (surya namaskara)  ciwa redite(shiva raditya) sidhanta.. Kmudian brkata mreka itu syirik musrik mnyekutukan,  maka IA bersabda.. 

Ya al awwal akhir ya rabhikum antum alla illah aswaja mahrifat syahriat sufiyah haqikat musafir insan khamil.. 

Maka awwal adalah tuhanmu (rabhikum antum)  alla illa aswaja (berpasangan ilahi dan alla)  tuhan angkasa dan tuhan diri.. Jalan mahrifat mnuju syariat dgn sufiyah mncintaiNya itu haqiqat musafir yg insan kamil.. 

Maka terkutuklah mereka yg menyesatkan jalan saudaraNya sufi syiah dan agama lainnya… 

Kmudian mnuju ia subuh agar tau bahwa itu sama saja dgn maghrib ktika kiamat datang,  terbitkah Ia dri barat??? 

Kmudian tak bersubuh kaum yg sering menyesatkan yg lain dgn kata kafir munafiq syirik musrik maka itu kembali padaNya.. 

Yasiin.. Antum ya nur-illah akhirrya awwal anna ya hakiim al antum nha

Maka kukembalikan engkau dri aakhir mnuju awal agar kamu dihakimi,  apa rngkau mendustai nikmatNya? 

Kmudian lohor mngada sprti lahar Ia dipanggang atas makanan yg tidak didoakan dan atas minuman yg tidak disyukuri dan atas nafas yg mmbuatnya sakit… 

Dibangunkan dzatualla ifrit pada saat subuh dan mahgrib,  apa ia tak menyadari sumpahNya di atas seluruh buku suci atas nama2 Tuhan? 

Dan saat setelah magrib mreka mengisya.. Isyaratkan pada maliqat smbuhkah ia atau tetap menanggung nerakaNya? Sprti Isya yg hadir dgn pedang2 penghukumNya maisyeha yg berasal dri para seluruhNya.. Kmudian sabda IA

Bukankah kami(sebutkan satu nama dan itu adalah IA TYME dalam citraNya)  tak mngisyaratkan ashar sbagai bhakta Asyhura untuk menghukummu (sbagai yajuj majuj)  agar kamu tau dosa besarmu pada mereka (sbutkan sluruh kaum. Beragama di muka. Bumi yg dizolimi trmasuk diantara mreka yg fasik trhadap agamanya).. 

Ya al adl illah rabhikum anna antum al. Wahid taqiyuum.. 

Maka maha adil Iya tuhan (dalam sejuta namaNya namun Esa taqiyuum(menyatulah)..

Gwr.. 

Anggara 9.24.17

Mahesa jendra ya al majnun